Demi Efektifitas Pemeriksaan, Terperiksa Kasus Century Diminta Menonaktifkan Diri

Anggota panitia angket skandal Bank Century dari FPDIP Maruarar Sirait mengatakan rapat pansus ini, Kamis (17/12) malam, bersepakat mengimbau penonaktifan para pejabat negara yang sudah masuk dalam daftar ‘terperiksa’ angket. Terutama, sepanjang Pemerintah tidak mampu menjamin tidak terganggunya tugas para ‘terperiksa’ ini selama menjalani pemeriksaan angket.

”Sepanjang penyelenggara negara tidak mampu menjamin tidak terganggunya tugas-tugas kenegaraan, panitia angket mengimbau seluruh penyelenggara negara yang telah ditetapkan sebagai saksi atau terperiksa menonaktifkan diri,” kata Maruarar, Jumat (18/12).

Penonaktifan, ujar dia, tetap harus mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku. Maruarar menyebutkan tiga pertimbangan dari himbauan penonaktifan ini.

Pertama, dalam rangka optimalisasi tugas panitia angket dalam melaksanakan penyelidikan dan pengumpulan data. Kedua, untuk menjunjung tinggi moralitas, keteladanan, dan akuntabilitas penyelenggara negara. Ketiga, dasar dari himbauan ini adalah menyikapi suasana batin dan rasa keadilan masyarakat. [Republika]

Tinggalkan komentar

Filed under Crime, News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s