Ahmadinejad Usulkan Perubahan Pola Konsumsi Dunia

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengharapkan upaya dan kerjasama seluruh negara untuk menyelesaikan berbagai masalah dunia di berbagai sektor. Pernyataan itu dikemukakan kemarin malam (17/12) oleh Ahmadinejad dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, di sela-sela sidang perubahan iklim di Kopenhagen, Denmark. Seraya menjelaskan kondisi saat ini terikat erat dengan kepentingan sejumlah negara, Ahmadinejad mengatakan, “Masalah berlanjutnya perundingan dan mekanisme pelaksanaan komitmen serta pertanggung jawaban terhadapnya, harus ditindaklanjuti oleh negara-negara besar.” Presiden Iran menilai perubahan gaya hidup sangat penting dilakukan serta menegaskan, “Kontrol konsumsi bahan bakar dan peningkatan secara efesien terhadap bahan bakar fosil, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Di lain pihak, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, menekankan bahwa masalah dunia saat ini merupakan akibat dari politik dan kinerja negara-negara maju. Menurutnya, harus ditetapkan langkah kongkret dan perencanaan pasti dalam menyelesaikan krisis global.

Ahmadinejad juga bertemu dengan timbalannya asal Turki, Abdullah Gol, di Kopenhagen. Dikatakannya, Iran dan Turki dapat berperan penting dalam mencegah perusakan lingkungan hidup. Menyinggung perluasan kerjasama dan hubungan bilateral kedua negara Ahmadinejad menegaskan, “Seluruh kapasitas yang dimiliki harus dikerahkan untuk meningkatkan kerjasama dan hubungan bilateral.” Pernyataan tersebut disambut positif oleh Abdullah Gul seraya menandaskan, kerjasama dan hubungan Iran dengan Turki di berbagai bidang akan sangat menguntungkan negara-negara di regional dan bahkan global.

Pada kesempatan berbeda, Ahmadinejad bertemu dengan Sekjen Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) , Abdullah Salim Al-Badri. Upaya pelestarian lingkungan hidup menurut Ahmadinejad harus direalisasikan dengan kerjasama antarseluruh negara dunia. Dalam hal ini Ahmadinejad menilai aktualisasi harga minyak global juga akan membantu melestarikan lingkungan hidup. Mereaksi pernyataan Ahmadinejad tersebut, Al-Badri mengatakan, “Diharapkan dalam waktu dekat, OPEC mencapai harga aktual minyak ekspornya.”

Adapun dalam sidang di Kopenhagen, Ahmadinejad mengusulkan penetapan tahun 2011 sebagai tahun perubahan pola konsumsi seraya mengajukan berbagai program untuk memelihara dan memanfaatkan lingkungan hidup secara efesien. [Irib]

Tinggalkan komentar

Filed under Environment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s