Baqhdad Protes Tindakan AS Berunding Dengan Teroris

Pemerintah Irak tengah mengkaji masalah keterlibatan AS dalam perundingan dengan kelompok-kelompok teroris dan bersenjata. Sumber-sumber pemberitaan Irak melaporkan, para pejabat AS baru-baru ini melakukan pertemuan dengan kelompok-kelompok teroris eks Partai Baath yang dimoderasi dengan pemerintah Turki di Ankara. Menurut klaim para pejabat AS, perundingan tersebut digelar dengan alasan merancang rekonsiliasi nasional pemerintah Baghdad.

Setelah terungkapnya perundingan AS dengan kelompok-kelompok teroris yang berkedok di balik nama Dewan Politik Perjuangan, pemerintah Irak menentang keras unilateralisme AS dan memprotes intervensi Washington dan Ankara dalam urusan rekonsiliasi nasional Irak tanpa melibatkan pandangan pemerintah Baghdad.

Deputi Menteri Luar Negeri Irak, Labid Abawi berkunjung ke Ankara untuk membahas masalah perundingan tersebut. Di hadapan para wartawan, Abawi mengatakan, para pejabat Irak menyerahkan lembaran nota kesepakatan bersama antara AS dan kelompok-kelompok teroris kepada dirinya.

Dalam kondisi seperti ini, Kedutaan AS di Baghdad mereaksi sikap protes juru bicara pemerintah Irak yang menyebutkan bahwa langkah-langkah AS tidak bermusyawarah dengan pemerintah pusat Irak. Disebutkannya, AS terus berperan dalam menentukan kebijakan dalam dan luar negeri Irak.

Lebih lanjut Deputi Menlu Irak mengatakan, dalam protokol kerjasama Washington dengan kelompok-kelompok penentang pemerintah Baghdad disebutkan bahwa kedua pihak dapat melakukan pertemuan sekali waktu di Irak guna meningkatkan kerjasama mereka di masa mendatang. [irib].

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s