Inggris Batalkan Kontrak Pembelian Black Hawk Dengan AS

Menyusul munculnya perbedaan pendapat di kalangan pejabat terasblackhawk Inggris soal strategi tempur di Afghanistan, Kementerian Pertahanan Inggris membatalkan tiga kontrak pembelian helikopter Black Hawk dengan AS. Kantor Berita IRNA kemarin (Ahad,19/7) melaporkan, Deputi Menteri Pertahanan Inggris, Quentin Davis dalam suratnya kepada perusahaan Sikorsky AS, meminta pembatalan kontrak tersebut. Dikatakannya, saat ini pemerintah Inggris tidak mampu menyesuaikan dirinya dengan helikopter baru dan terpaksa harus meremajakan helikopter jenis Puma. Padahal beberapa waktu lalu, Komisi Pertahanan Parlemen Inggris mengkritik militer karena masih mengoperasikan helikopter lama dan mengusulkan pembelian helikopter Black Hawk dari AS.

Berdasarkan laporan Koran The Daily Observer mengutip sumber-sumber di Kementerian Pertahanan Inggris, kontrak pertama pembelian 60 unit helikopter Black Hawk dengan harga 480 juta Pound telah ditandatangani dengan AS pada 2007 lalu. Rencananya setelah dari helikopter tersebut akan dikirim ke Helmand, Afghanistan pada 2008. Pada tahun lalu, pemerintah Inggris juga telah menandatangani kontrak lain soal penyerahan 12 unit helikopter Blach Hawk pada tahun 1011 dan 2012. The Daily Observer menambahkan, pembatalan kontrak pembelian hilikopter disebabkan oleh tekanan politik yang dialamatkan kepada Kementerian Pertahanan. Lembaga ini disarankan menandatangani kontrak dengan perusahaan lokal meski kualitas barang lebih rendah dari buatan AS. [Irib].

1 Komentar

Filed under News, War

One response to “Inggris Batalkan Kontrak Pembelian Black Hawk Dengan AS

  1. wah, hebat nih pemerintahan inggris, lebih cinta produk dalam negeri walau kualitasnya masih rendah dari produk luar negeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s