Rilis Laporan Rekapitulas Soal Hasil Pilpres Iran

Dewan Garda Konsitusi Republik Islam Iran merilis laporan soal putaran ke-10 pilpres. Dalam laporan ini disebutkan bahwa Dewan Garda Konstitusi Iran selain menjunjung tinggi hukum-hukum Islam dan undang-undang dasar, juga merupakan satu-satunya tempat rujukan untuk kritikan dan protes soal pemilu. Menyusul pelaksanaan meriah pemilu presiden putara ke-10 dan partisipasi luas masyarakat serta dampaknya terhadap pengokohan Republik Islam Iran, dan dengan memahami kondisi yang sangat sensitif dan juga dalam rangka mematahkan propaganda musuh serta meningkatkan solidaritas dan persatuan bangsa, Dewan ini merilis laporan terperinci yang akan disusun dalam dua bagian.

Berdasarkan laporan tersebut, Dewan Garda Konstitusi mengundang para wakil dari setiap kandidat untuk hadir dan menyaksikan langsung mekanisme pengawasan secara menyeluruh para anggota Dewan pada hari pelaksanaan pemilu, dan ini merupakan upaya agar para empat kandidat juga dilibatkan dalam proses pengawasan pemilu. Dijelaskan pula bahwa pada pelaksanaan pemilu masing-masing kandidat berada di markas Dewan Garda serta diberikan berbagai fasilitas guna mempermudah dan mempercepat komunikasi dengan seluruh para pejabat pengawas pemilu. Tidak hanya itu, setelah masa pemungutan suara seluruh kandidat menyaksikan dari dekat pengumpulan suara hingga pagi hari atau sehari setelah pemilu.

Dewan Garda dalam laporannya menyebutkan bahwa kurang dari tiga hari, Dewan menyatakan kesipannya untuk mendengarkan protes beserta data dan bukti-buktinya. Sidang dengar protes tersebut dilaksanakan dan juga dibahas pula tentang mekanisme penindaklanjutan terhadap protes dari para kandidat.

Di akhir laporan tersebut, Dewan Garda Konstitusi Iran mengapresiasi partisipasi luas warga dalam pemilu yang merupakan manifestasi kemasyarakat dan keislaman, serta menilainya sebagai sejarah gemilang bagi demokrasi agama di Iran. [irib].

Tinggalkan komentar

Filed under Politic, Report

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s