Wujud Protes, OAS Keluarkan Honduras dari Keanggotaan

manuel_zelayaSebagai protes atas tindakan inkonstitusional terhadap pengambilalihan kekuasaan politik dan pemerintahan di Honduras, organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) mengeluarkan negara tersebut dari blok OAS. Ini merupakan reaksi badan tersbut terhadap kudeta militer yang menggulingkan Presiden Manuel Zelaya.

Merujuk pada laporkan Kantor Berita AFP, OAS menggelar sidang darurat mengenai Honduras. hasil akhirnya diputuskan menghapus nama Hunduras dari daftar anggota OAS.

Sebanyak 33 dari 34 negara anggota OAS bertemu di Washington dalam sidang khusus Majelis Umum guna memutuskan penghapusan Honduras dari keanggotaan organisasi itu. Majelis itu bertindak berdasarkan Pasal 21 dari Piagam OAS yang memberikan negara-negara anggota hak untuk menangguhkan keanggotaan sebuah negara yang bertindak inkonstitusional dan tidak demokratik. Berdasarkan pasal itu, keputusan itu akan diambil setelah gagal menempuh usaha-usaha untuk mengatasi situasi melalui jalur dplomatik.

Statemen itu dirilis Sabtu siang oleh Sekjen OAS Jose Miguel Insulza. Sekjen OAS mengatakan, “Tidak ada alternatif lain kecuali mengeluarkn Honduras karena menolak memulihkan kembali kekuasaan Zelaya. Insulza, Jumat mengunjungi Honduras untuk membujuk pemerintah sementara, tetapi gagal memulihkan kembali kekuasaan Zelaya dan memperingatkan kemungkinan eskalasi ketegangan.

Sebelumnya, pasal itu digunakan oleh organisasi tersebut untuk pertama kali pada tahun 1962 saat Kuba ditangguhkan keanggotaannya dari OAS setelah negara itu bergabung dengan blok Sovyet. Resolusi yang disetujui oleh Majelis Umum organisasi itu mendesak negara-negara anggota OAS serta organisasi-organisasi internasional untuk meninjau hubungan mereka dengan Honduras. Pada saat yang sama, Majelis Umum itu meminta para pemimpin kudeta Honduras menghormati hak asasi manusia. [kutipan dari berita http://www.irib.ir%5D.

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Supremasi Hukum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s