Netralitas Adalah Janji Sekjen Baru IAEA

iaea_01Jepang kali ini mendapat kehormatan dengan terpilihnya Yukia Amano, asal negara tersebut sebagai Sekjen IAEA yang baru, menggantikan Mohamed ElBaradei. Suatu yang istimewa dan memunculkan harapan bahwa peran IAEA akan semakin efektif fungsinya, mengingat Jepang adalah negara yang pernah mengalami pengalaman pahit dengan senjata nuklir, setelah AS membom kota Hirosima dan Nagasaki pada perang dunia ke dua.

Mengungkapkan komitmennya, Yukia pada sidang Dewan Gubernur lembaga tersebut berjanji akan mengupayakan terwujudnya kegiatan IAEA yang efektif, efisien, dan netral. Sesuatu yang diharapkan banyak pihak dapat diwujudkan dan memberi pengaruh bagi penataan sistem yang lebih adil.

Yukiya Amano sehari setelah terpilih sebagai sekjen baru Badan Energi Atom Internasional (IAEA) dalam sidang pengesahannya dengan Dewan Gubernur IAEA menyatakan, “Keberhasilan sekjen bisa tercapai bila memperhatikan seluruh keinginan dan kebutuhan semua anggota. Terkait hal itu, saya berjanji saya akan memperkuat hubungan dengan pemerintah negara-negara anggota.”

Amano menambahkan bahwa seluruh upayanya akan dikerahkan untuk mempercepat dan memperluas langkah IAEA dalam isu perdamaian dan kesehatan di seluruh dunia. Hal ini juga termasuk bidang peningkatan kerjasama teknis dan pencegahan perluasan senjata nuklir.

Sekjen baru IAEA itu juga berjanji seluruh upayanya akan dibaktikan untuk menerapkan kegiatan IAEA yang profesional dan tidak diskriminatif. Sesuatu yang menjadi isu utama dalam badan tersebut terkait netralitas termasuk penghargaan atas hak dan pemenuhan kewajiban setiap negara anggota dalam menjamin keamanan dan perdamaian ditengah era pencapaian teknologi nuklir saat ini, yang dapat saja dimanfaatkan untuk perlombaan dalam bidang persenjataan.

Kamis (1/7) lalu, Yukiya Amano terpilih sebagai sekjen baru IAEA setelah berhasil memperoleh dua pertiga suara yang diperlukan dari 35 anggota Dewan Gubernur IAEA. Mulai November nanti, Yukiya resmi menjabat sebagai sekjen IAEA. [kutipan dari berbagai sumber].

Tinggalkan komentar

Filed under News, Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s