Naskah Lengkap Pidato Ahmadinejad Pada Konfrensi Anti Rasisme Di Jenewa

Bismillahirrahmanir rahim

Allahumma ‘Ajjil Liwaliyyikal Faraj Wal’Afiah Wannashr. Waj’alna min Khairi Ansharihi wa A’wanini Walmustasyhadina Baina Yadaih.

Segala puji dan syukur khusus milik Allah Yang Adil, Pengasih dan Yang Menginginkan Kebaikan Hamba-Nya.

Salam Allah kepada para nabi ilahi mulai dari Nabi Adam hingga Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan pamungkas para nabi Muhammad saw. Mereka semua adalah penyeru monoteisme, persaudaraan, cinta, kehormatan manusia dan keadilan.

Pimpinan sidang,

Sekjen PBB,

Komisi Tinggi HAM,

Ibu dan bapak,

Kita berkumpul di sini guna melanjutkan konferensi anti rasisme Durban dengan membahas kondisi kekinian dan solusi praktis dalam perjuangan suci dan manusiawi ini. Dalam peristiwa di beberapa abad terakhir telah terjadi banyak kezaliman besar terhadap umat manusia. Di abad pertengahan para ilmuwan dihukum mati. Setelah itu masuk masa perbudakan dan pemburuan manusia tak berdosa lalu memisahkan mereka dari keluarganya dengan mengirimkan mereka ke Eropa dan Amerika dalam kondisi sangat buruk bila dibandingkan jutaan manusia lainnya.

Periode kegelapan yang dibarengi oleh penjajahan berbagai daerah disertai penjarahan kekayaan alam dan pembantaian serta mengungsikan dengan paksa warga tak berdosa. Bertahun-tahun lewat bangsa-bangsa bangkit untuk mengusir para penjajah lalu mendirikan pemerintah independen dan nasional dengan nyawa jutaan manusia.

Gila kekuasaan dalam waktu singkat memaksakan dua perang besar di Eropa dan sebagian dari Asia dan Afrika. Perang yang hasilnya mengorbankan ratusan juta nyawa manusia dan hancurnya lahan-lahan tanah-tanah subur. Mereka yang menang dalam perang menganggap dirinya sebagai jagoan dan pemenang dunia sementara bangsa-bangsa lainnya dipandang sebagai pecundang. Mereka lalu membuat undang-undang dan sistem yang zalim, tidak peduli dan bahkan menistakan hak-hak bangsa lain.

Ibu dan bapak,

Pandang Dewan Keamanan PBB sebagai warisan Perang Dunia I dan II. Dengan logika apa mereka mendapatkan keistimewaan dan hak veeto? Nilai-nilai kemanusiaan dan ilahi seperti apa yang bisa menerima logika ini? Dengan keadilan? Dengan persamaan di hadapan hukum? Dengan kehormatan manusia? Atau diskriminasi, ketidakadilan, pelanggaran HAM dan ancaman bagi mayoritas bangsa dan negara di dunia? Ini kondisi dewan tertinggi dan referensi pengambilan keputusan bagi perdamaian dan keamanan dunia! Ketika diskriminasi ada dan sumber hukum tidak lagi keadilan dan kebenaran, tapi arogansi dan kekuatan, bagaimana dapat diharapkan terciptanya keadilan dan perdamaian? Gila kekuasaan dan egoisme sumber rasisme, diskriminasi, agresi dan kezaliman.

Sekalipun kini kebanyakan orang-orang rasis juga ikut-ikutan mengecam rasisme dalam slogan dan ucapan mereka, namun ketika beberapa negara kuat punya hak berdasarkan kepentingannya mengambil keputusan untuk negara-negara lain, mereka dengan mudah menginjak-injak hukum dan nilai-nilai kemanusiaan. Dan hal itu telah dilakukan oleh mereka.

Setelah Perang Dunia II dengan alasan orang-orang Yahudi menjadi korban dalam peristiwa holocaust dan dengan agresi mereka mengungsikan sebuah bangsa dan mereka mengirimkan orang-orang Yahudi dari Eropa, Amerika dan dari berbagai negara di dunia tinggal di daerah itu. Mereka akhirnya mendirikan pemerintah yang mutlak berasaskan rasisme di Palestina pendudukan. Sejatinya, alasan untuk menebus kerugian rasisme di Eropa, mereka mendirikan rasisme paling kejam di tempat lain, yaitu Palestina.

Dewan Keamanan PBB mengakui pemerintah perampok ini dan selama 60 tahun membelanya serta memberikan kesempatan rezim ini untuk melakukan segala bentuk kejahatan. Lebih buruk dari ini, sejumlah negara Barat dan Amerika merasa berkewajiban untuk membela para rasisme pembantai manusia. Ketika manusia yang masih memiliki hati nurani bersih menyaksikan pengeboman dan pembantaian yang terjadi di Gaza dan mengecam aksi tersebut, mereka malah membela para penjahat. Sebelum itu juga mereka memilih diam di hadapan segala terbongkarnya kejahatan yang dilakukan rezim ini dan mendukungnya.

Saudara-saudara yang mulia, ibu dan bapak,

Apa alasan di balik perang terakhir seperti serangan Amerika ke Irak dan pengiriman besar-besaran tentara ke Afganistan? Apa alasannya selain arogansi pemerintah Amerika waktu itu, tekanan para pemodal dan penguasa untuk melebarkan pengaruh dan hegemoni, menjamin kepentingan para produsen senjata, penghancuran sebuah peradaban ribuan tahun, menghancurkan bahaya potensial dan aktual negara-negara regional terhadap Rezim Zionis Israel dan menjarah sumber-sumber energi Irak?

Jujur saja, mengapa ada satu juta orang tewas dan cidera dan jutaan lainnya harus mengungsi? Jujur saja, apakah serangan ke Irak dengan rencana Rezim Zionis Israel dan sekutu mereka di pemerintah Amerika waktu itu yang di satu sisi bersandar pada kekuasaan dan di sisi lainnya bersandar pada para pemilik perusahaan senjata? Apakah dengan mengirimkan pasukan ke Afganistan, perdamaian, keamanan, ketenangan dan kesejahteraan telah kembali di negara ini?

Amerika dan sekutunya tidak mampu bahkan hanya untuk mencegah produksi narkotika. Kehadiran mereka di Afganistan kini malah membuat produksinya meningkat berkali-kali lipat!

Pertanyaan pentingnya adalah apa yang dilakukan oleh pemerintah Amerika dan sekutunya waktu itu? Apakah mereka menjadi wakil-wakil dunia? Apakah mereka pilihan bangsa-bangsa di dunia? Apakah rakyat di dunia mewakilkan kepada mereka untuk mengintervensi seluruh dunia (tentunya mereka lebih banyak melakukan intervensi di kawasan kami)? Apakah aksi-aksi pendudukan Irak dan Afganistan bukan bukti dari arogansi, rasisme, diskriminasi, penistaan kehormatan dan kemerdekaan bangsa-bangsa?

Ibu dan bapak,

Siapa penanggung jawab ekonomi dunia setelah terjadi krisis ekonomi dunia? Krisis bermula dari mana? Dari Afrika, Asia atau bermula dari Amerika yang kemudian menyebar ke Eropa dan sekutunya!

Cukup lama mereka memaksakan undang-undang dan peraturan tidak adil ekonomi dengan kekuatan politik dalam interaksi politik dan intenasional. Mereka menetapkan sistem moneter dan keuangan tanpa ada pengawasan internasional. Mereka memaksa seluruh negara dan bangsa di dunia untuk tidak ikut campur dalam proses dan pengambilan kebijakan. Mereka bahkan tidak pernah memberikan kesempatan kepada rakyatnya untuk melakukan pengawasan. Dengan meminggirkan moral dalam berbagai hubungan, mereka membuat undang-undang dan peraturan yang menguntungkan sebuah kelompok penguasa dan kaya. Dengan mendefinisikan sendiri pasar bebas dan persaingan, mereka berhasil menjegal kesempatan pihak lain memindahkan masalah yang dimilikinya ke pihak lain.

Kini puncak krisis puluhan ribu miliar hutang dan ribuan miliar defisit anggaran telah kembali kepada mereka sendiri.

Kini untuk memperbaiki kondisi mereka mulai menyuntikkan ratusan miliar tanpa pendukung dari kantong rakyat Amerika sendiri dan dari seluruh dunia kepada bank-bank, perusahaan-perusaha an besar dan pasar moneter yang hampir bangkrut. Dengan cara ini mereka kembali membuat rakyatnya semakin banyak hutan dan masalah menjadi semakin kompleks.

Mereka hanya memikirkan kekuasaannya saja. Bagi mereka masyarakat internasional, bahkan rakyat mereka sendiri tidak bernilai.

Pimpinan sidan, ibu dan bapak,

Akar asli rasisme kembali pada ketidaktahuan akan hakikat manusia sebagai makhluk terpilih dan menyimpang dan jalur kehidupan manusia dan tugas manusia dalam penciptaan. Lalai dari penyembahaan secara sadar kepada Allah dan pemikiran dalam filsafat kehidupan dan jalur kesempurnaan manusia yang berasal dari hasil alami akibat komitmen terhadap nilai-nilai ilahi dan manusiawi. Semua ini menyebabkan tataran cara pandang seorang manusia menjadi turun yang membuatnya hanya memikirkan kepentingan terbatas dan fana sebagai prinsip dalam berlaku. Dengan demikian inti kekuatan yang memiliki sifat setan telah terbentuk. Dengan menghapus kesempatan secara adil bagi pertumbuhan orang lain ia berusaha mengembangkan diri. Sebagaimana dalam bentuk terburuknya berubah menjadi rasisme yang tidak lagi memiliki kekangan dan kini menjadi faktor paling berbahaya yang mengancam perdamaian dunia dan menutup jalan terciptanya kehidapan damai.

Tidak ragu lagi bahwa rasisme harus dinilai sebagai simbol kebodohan dalam sejarah dan tanda-tanda kekolotan di hadapan pertumbuhan manusia umumnya. Dari sini diharapkan kita mencari pengejawantahan rasisme dalam penyebaran kondisi kemiskinan akan ilmu dan ketiadaan pemahaman bagi masyarakat.

Oleh karenanya, solusi asli dalam memerangi fenomena ini adalah menyebarkan pemahaman masyarakat dan memperdalam pemahaman mereka mengenai filsafat keberadaan manusia dan hakikat dunia dengan fokus manusia. Hasilnya adalah kembalinya manusia kepada nilai-nilai spiritual, moral, keutamaan manusia dan kecenderungan kepada Allah. Masyarakat internasional harus dalam sebuah gerakan universal budaya demi menjelaskan lebih luas lagi kepada masyarakat yang terkena penyakit ini dan tentunya mereka terkebelakang. Bila ini dilakukan simbol keburukan dan kekotoran ini bakal tergerus dengan cepat.

Saudara-saudara yang terhormat,

Kini masyarakat internasional menghadapi semacam rasisme yang keburukannya merusak citra manusia di awal mileniuk ketiga dan mempermalukan umat manusia.

Zionisme Internasional simbol mutlak rasisme yang berbohong atas nama agama dan memanfaatkan simpati keagamaan demi menyembunyikan wajah buruknya dari orang-orang yang tidak punya informasi. Namun yang harus diperhatikan dengan serius adalah upaya sebagian kekuatan besar dan pemilik kepentingann luas di dunia dengan memanfaatkan kekuatan ekonomi, pengaruh politik dan media berusaha sekuat tenaga mendukung Rezim Zionis Israel dan mengurangi keburukannya. Di sini sudah bukan masalah kebodohan!

Oleh karenanya, tidak boleh mencukupkan diri dengan aksi-aksi budaya untuk melawan fenomena buruk ini, tapi yang harus dilakukan adalah mengakhiri penyalahgunaan Israel dan para pendukungnya akan lembaga-lembaga internasional sebagai alat politiknya. Dengan menghormati keinginan bangsa-bangsa lain dan memperkuat tekad negara-negara untuk mengikis habis rasisme ini serta berani mengambil langkah memperbaiki hubungan internasional.

Tidak ragu lagi kalian semua tahu ada upaya besar kekuatan-kekuatan dunia untuk menyelewengkan tugas penting ini dalam pertemuan ini.

Patut disayangkan bahwa diplomasi dukungan terhadap Zionis Israel memiliki arti ikut serta secara transparan dalam setiap aksi kejahatan dan ini menambah tanggung jawab wakil-wakil terhormat yang hadir untuk membongkar aksi anti manusia dan segera memperbaiki hubungan dan perilaku. Harus diketahui bahwa mengenyampingkan kapasitas besar dunia seperti konferensi ini merupakan bukti asli membantu berlanjutnya keberadaan rasisme paling buruk. Konsekwensi membela HAM saat ini pertama adalah membela hak bangsa-bangsa untuk bebas dalam mengambil keputusan penting dunia tanpa campur tangan pihak-pihak lain dan kedua, harus melakukan langkah-langkah untuk memperbaiki struktur dan hubungan internasional.

Mencermati hal ini, konferensi ini menjadi ujian besar dan opini dunia hari ini dan esok akan menilai apa yang kita lakukan.

Pimpinan sidang, ibu dan bapak,

Kondisi dunia dengan cepat tengah mengarah pada perubahan prinsip. Relasi kekuatan tampak sangat rapuh. Suara patahnya tulang punggung kezaliman dunia telah terdengar. Struktur politik dan ekonomi makro tengah menuju kehancurannya. Krisis politik dan keamanan semakin dalam dan krisis ekonomi yang semakin meluas dan tidak ada secercah harapan untuk untuk memperbaikinya. Berbagai dimensi baik kuantitas dan kualitas transformasi di berbagai bidang untuk maju sangat menakjubkan. Saya berkali-kali menekankan agar kembali dari jalur salah dalam mengelola dunia saat ini dan memperingatkan bila terlambat menyikapi masalah ini. Kini dalam konferensi internasional tak ternilai kepada kalian dan setiap pemimpin, pemikir dan kepada semua bangsa di dunia yang haus akan perdamaian, kebebasan, kemajuan dan kesejahteraan saya ingin mengatakan bahwa pengelolaan tidak adil yang menguasai dunia telah berakhir!

Kebuntuan ini tidak dapat dihindarkan karena muncul dari logika pengelolaan yang bersumber dari pemaksaan zalim. Karena logika gerakan dunia merupakan gerakan transenden, punya tujuan, manusia sebagai fokus dan kecenderungan kepada Allah. Gerakan yang akan melawan setiap kebijakan dan program yang tidak memihak kepentingan bangsa-bangsa dunia. Kemenangan kebenaran atas kebatilan dan masa depan cerah manusia berdasarkan sistem dunia yang adil merupakan janji Allah dan para nabi, bahkan harapan seluruh masyarakat dan generasi. Terciptanya masa depan seperti ini merupakan konsekwensi dari kebijaksanaan dalampenciptaan dan menjadi kepercayaan semua hati orang yang percaya kepada Allah dan posisi tak ternilai manusia.

Pembentukan masyarakat dunia praktis memungkinkan terciptanya sistem bersama dunia dan dengan ikutnya para ilmuwan, para pemimpin dan masyarakat dunia untuk ikut serta secara aktif dan adil dalam pengambilan keputusan makro dan prinsip merupakan jalur pasti dari tujuan besar ini. Kini kapasitas keilmuan, teknik, dan teknologiinformasi dan komunikasi mampu membentuk pemahaman bersama dan luas dari masyarakat dunia dan sebagai sarana bagi terciptanya satu sistem bersama. Kini tanggung jawab besar ini berada di pundak para pendidik, ilmuwan dan negarawan seluruh dunia yang percaya akan jalan pasti ini mampu memainkan peran historisnya. Saatnya saya ingin menekankan satu hakikat bahwa Kapitalisme Barat sama dengan Komunisme telah berakhir karena tidak mampu melihat manusia sebagai apa adanya dan berusaha untuk memaksakan jalan dan tujuan yang diciptakan untuk manusia.

Ketimbang memperhatikan nilai-nilai manusia dan ilahi, keadilan,kebebasan cinta dan persaudaraan, malah menjadikan persaingan keras guna meraih kepentingan materi, individu dan kelompok sebagai prinsip hidupnya.

Kini dengan mengambil pelajaran dari masa lalu dan memahami keharusanmengubah jalan dan kondisi saat ini, mari kita semua bertekad untuk berusaha di segala bidang. Sekaitan dengan hal ini dan sebagaipembicaraan terakhir, saya mengajak semua untuk memperhatikan dua poin penting:

1. Perubahan kondisi dunia dan itu pasti bisa dilakukan, namun perludiketahui bahwa hal ini hanya dapat dilakukan dengan kerjasama seluruh negara dan bangsa. Oleh karenananya, harus memanfaatkan seluruh kapasitas yang ada untuk kerjasama internasional. Kehadiran saya dalam konferensi ini sebagai penghormatan atas masalah penting begitu jugamasalah HAM dan pembelaan hak-hak bangsa dalam menghadapi fenomena buruk rasisme bersama kalian para ilmuwan.

2. Mencermati tidak berfungsinya sistem-sistem yang ada dan relasipolitik, ekonomi, keamanan dan budaya internasional perlu melakukan perubahan dalam struktur yang ada dengan memperhatikan nilai-nilai ilahi dan manusiawi, analisa yang benar dan realistis mengenai manusia, berdasarkan keadilan dan memberikan nilai kepada hak semua manusia di seluruh dunia, para hegemoni harus mengakui kesalahan sebelumnya dan mengubah cara berpikir dan berlaku. Sekaitan dengan masalah ini, perubahan segera Dewan Keamanan PBB, menghapus keistimewaan diskriminatif hak veto, perubahan sistem moneter dan keuangan dunia harus segera dijadikan agenda untuk dibicarakan. Jelas, tidak memahami pentingnya perubahan segera sama dengan biaya lebih besar perubahaan itu sendiri.

Saudara-saudara saya yang terhormat,

Ketahuilah, gerakan menuju keadilan dan kemulian manusia bak gerak cepat dalam arus air. Jangan sampai kita melupakan eliksir cinta. Kepastian masa depan cerah bagi manusia merupakan modal besar yang mampu membuat kita semakin mengerti dan berharap untuk berusaha menciptakan dunia yang penuh dengan cinta, nikmat, tidak ada lagi kemiskinan, semua mendapat rahmat Allah dalam kepemimpinan manusia sempurna. Mari kita berusaha untuk memiliki saham dalam masalah penting ini!

Dengan harapan akan hari cerah dan indah!

Kepada pemimpin sidang, Sekjen PBB dan kepada kalian semua yang mendengarkan pidato ini, saya mengucapkan terima kasih banyak.

Semoga sukses dan tetap jaya.

[Penerjemah: Saleh lapadi. islammuhamadi.com]

42 Komentar

Filed under Civilization

42 responses to “Naskah Lengkap Pidato Ahmadinejad Pada Konfrensi Anti Rasisme Di Jenewa

  1. Ping-balik: Naskah Lengkap Pidato Ahmadinejad Pada Konfrensi Anti Rasisme Di Jenewa « Akh IDAN’s BLOG

  2. bagus,, bagus,,
    angkat salute ama ahmed deedat

    internet marketing

  3. ahmad is leader from iran

  4. saya sangat ngefans sama beliau.. salut

  5. beliau termasuk orang terbaik yang sangat tegas dan berpengaruh pada abad ini, kapan ya indonesia punya sosok pemimpin seperti beliau.

  6. irwan

    kapan ya seluruh rakyat bisa seperti beliau??

    kapan juga bangsa ini dapat memiliki pemimpin seperti beliau?

  7. jang

    Sosok seperti inilah yang susah dicari zaman sekarang, berani bicara benar …

  8. ilham

    salam untuk pemimpin iran dari pemimpin masa depan.

  9. ketro

    Laki-laki adalah apa yang diyakininya
    tapi..
    kebanyakan laki-laki Indonesia bahkan tidak memiliki keyakinan!!

    generasi termehek-mehek tak akan pernah mampu melahirkan sosok berprinsip, berkarakter, cerdas, dan tegas seperti ahmadinejad ini

    Allahu’alam

  10. Mr.Mata-Mata

    Itulah pemimpin sejati sperti beliau,jgnlah kau takut kpda siapapun tapi takutlah kita umat manusia kpda yg telah menciptakan langit dan bumi yaitu ALLAH SWT.
    Allahu Akbar….!!!!!!!

  11. Gw benar2 salut ma ne presiden..ga kya indonesia yang krjanya jilat2 pantat amerika z..

  12. deHIDz

    Sosok pemimpin yang sidiq, amanah, tabligh, fathonah, kami merindukanmu untuk negeri tercinta ini,..

  13. rahmat

    alhamdulillah di dunia ini masih ada orang yang menggerti akan kemauan rakyatnya….hai para pemimpin bangsa ini…..tirulah beliau dengan hati yang lapang….

  14. irwan

    salut deh buat bapak ahmaddinejad, dua jempol deh.

  15. ah, beliau saja tidak menginginkan seseorang menjadi seperti beliau. yang patut ditiru adalah Rasulullah dan para sahabat yang telah sukses menirunya.

  16. Abdillah

    dg BISMILLAH smoga ada nya prwujudan Khalifah kembali d dunia ini yang sosok nya sprti Bpk AKHMADINEJAD, INSYA ALLAH..

  17. wal_b

    sip !

    semoga segera suskses buat ahmadinejad..

    kami mendukung anda

  18. Pastilah Rasulullah menjadi tauladan kita semua, namun juga tidak menutup kemungkinan untuk meneladani manusia-manusia semacam Ahmadinejad yang juga menjadikan Islam sebagai ideologinya…

  19. Anda benar…
    Generasi Indonesia dibesarkan dalam buaian entertaiment dan didikan episode-episode sinetron dan biang gosip… cape dech..

  20. Putra Aisha

    Ini namanya maling teriak maling… Kalau Israel disebut bangsa yang benar2 rasis maka Ahmadinejad dgn Islamnya adalah juga rasis.Kebencian setiap muslim terhadap Yahudi dan non muslim,menurut saya,dapat dikategorikan sebagai tindakan rasisme.Bagaimana bisa PBB mengundang seorang pemimpin negara yang jelas2 dari awal sudah sangat rasis untuk berbicara di forum anti rasisme?

  21. susan hadiningrum

    luar biasa, smoga pemimpin2 di negera kita bisa seperti beliau

  22. awaknanggroe

    kapan ya pemerintah indonesia berani bersikap jantan seperti ahmadi nejad????

  23. defrimardinsyah

    Mantap……….
    Inikah tanda-tanda kebangkitan Islam ?

  24. Bagaimana kita mendefenisikan sikap yang disebut rasis? apakah mencela sikap rasis dapat disebut rasis? Logika seperti apa yang punya katagori seperti itu?

  25. gw benar salut ma pak dinejab, itulah pemimpin yang tegas, dan tidak takut dengan negara adikuasa gk kayak pemimpin indonesia sekarang cuma penjilat negara adikuasa.

  26. ame

    pidato yang amat cerdas dan masuk akal. moga kita bisa melihat dengan pikiran dan jiwa terbuka..

  27. yucki

    eh putra aisha….kamu keturunan israel ya

  28. saluuut…
    dia emang benar2 pahlawan

    eia… izin copy ya mas…
    biar pada tau semuanya…
    dicantumin sumber kok

  29. hasan al asyari

    sosok pemimpin yang low profile tegas arif dan bijaksana,.ttp katakan yang haq

  30. dirgom

    Allahu Yusallimuka ya ahmadinejad…Kapan ya Indonesia punya pemimpin seperti beliau.

  31. mahyudin

    subhanallah….
    smoga kjayaan islam akn sgera dtg dn khncurn zionis akn sgera menjelang…i love u ahmadinejad…and all over the world too…smga allah mmbrikan negri kta pmimpin sprti beliau…allahu akbar…

  32. mia_girlz_

    salut dech bwat bpak AKHMADINEJAD mdah-mdahan pmimpin indonsia msa dpan bsa sperti bliau,, pmimpin sperti itu lh yg bnar-bnar PEMIMPIN,,

  33. Q. Umbara

    saya sangat setuju pidato Ahmadi Nejad, karena peraban yang di pimpin oleh sistem komunis dan kapitalis ternyata hanya membawa pepada peadaban manusia yang tidak beradab. Hanya dengan Islamlah dunia ini akan damai dan sejahtera baik untuk pemeluknya juga bagi seluruh alam

  34. Presiden indonesia harus berani mencontohnya, jangan cuma mplempem kalau sudah ketemu amerikaa!

  35. semua comentnya keren…tapi satu yang ga jelas….

    kok membela kebenaran di bilang rasis….cape deh….

    dan disitu jelas ahmadinejad ga membenci non muslim kok….dia cuma mengecam orang yang rasis…

  36. fengshuisehatbugar

    Salut buat semangat pembaharuan, berani menentang yang lebih besar darinya…

    Info Sehat dan Ramalan Bintang Mingguan:
    http://infosehatbugar.blogspot.com
    Tips Mempercantik Blog:
    http://panduan-blogger-mania.blogspot.com
    http://secretbloggertips.blogspot.com

  37. sebenarnya kontennya dah diketahui semua pemimpin di dunia, jadi sebenarnya pesannya g baru, cuma artikulasinya itu yang khas, untuk pihak2 status quo dunia dirasa sebagai annoying… tapi untuk dunia tertindas beliau laksana mercusuar bercahaya terang dan bersirine nyaring…
    salut !
    [kapan Indonesia punya pemimpin cerdas berpendirian teguh kek gene ya, dari dulu adanya yang “klemak-klemek” melulu, dan itu biasanya berasal dari [maaf, ini fakta] Jawa, terlalu banyak Unggah-ungguh, tepo sliro, maaf no meant to offense]

  38. ninebox

    @putra aisha… ckckckck… dirimu selama ini ngeliat berita ga ?? kalo udah liat pasti tau siapa yang rasis.. klo dirimu cuma nonton infotainment sama sponge-bob, gw ngga heran kalo lo cuma komentar seperti itu..

    btw @vendra22 bagus sob postingan lo.. [^_^]

  39. Berita dari siapa yg lirimu lihat? media apa yg dirimu baca? masak lo gak kritis terhadap media!
    media saat ini hegemoni siapa? mainstream beriita saat ini dalam perspektif siapa? sistem dan tata dunia saat ini atas kendali siapa? semoga dirimu lebih kritis, selektif, dan punya world view yang lebih holistik membaca suatu berita… 😉 senang bisa diskusi dengan dirimu.. hehe…

  40. agha

    mau yahudi, mau islam, kristen, dll jika rasis dan menginjak-injak hak azasi manusia dan bersikap zalim, penindas, tidak adil ya harus harus ditentang dan dibumi hanguskan..duh gimana sih lo putra aisye, nyambung ngga?

  41. Ping-balik: Trias Politica ala Republik Islam Iran « Yasir Alkaf

  42. Ping-balik: Trias Politica ala Republik Islam Iran « Rasulullah Mengangkat 12 Khalifah/Imam Sebagai Pengganti Dirinya… Sambutlah web syi'ah imamiyah terlengkap di Indonesia – Malaysia dan Brunei.. Web ini dialog intelektual sunni – syiah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s