Hasrat Amerika Kalahkan Industri Baterai Asia

0asefq08p41CHICAGO – Laboratorium pemerintah Amerika Serikat (AS) bekerja sama dengan 14 perusahaan lokal dan para ilmuwan ahli baterai bergabung dalam satu tim yang akan memproduksi baterai litium untuk kendaraan dalam jumlah masal.

Aliansi tersebut, yang termasuk perusahaan raksasa di industri baterai seperti 3M Co dan Johnson Controls-Saft, berkomitmen untuk mengalokasikan dana sekira USD1 miliar hingga USD2 miliar kepada pemerintah Amerika selama lima tahun untuk membuat pabrik yang akan difungsikan sebagai tempat penelitian sekaligus produksi baterai litium-ion yang akan digunakan pada kendaraan bermotor, khususnya mobil.

“Ini merupakan kesepakatan besar yang akan berimbas tidak hanya pada lab kami tapi juga akan memberikan keuntungan bagi bangsa. Karena industri baterai yang masih kecil di Amerika tidak akan mampu mengalahkan dominasi industri baterai di Asia, yang saat ini dikuasai China, Jepang dan Korea Selatan,” ujar peneliti baterai dan alat transportasi dari Argonne National Laboratory di Chicago, Mark Peters, seperti dikutip melalui PC Magazine, Jumat (19/12/2008).

Peters percaya jika negara manapun yang mampu memproduksi dan menghasilkan baterai maka mereka pun dapat memproduksi mobil. Seperti Toyota Motor yang berhasil mengembangkan mobil hybrid berkat bantuan baterai nickel metal hydride.

Litium baterai dipercaya dapat menjadi teknologi yang akan menggantikan bahan bakar minyak, untuk menghidupi kendaraan. Dengan baterai litium ini maka kendaraan dapat menggunakan energi isi ulang, layaknya penggunaan komputer, ponsel ataupun gadget lainnya.

Selain Johnson Controls-Saft Advanced Power Solutions dan 3M Co, anggota aliansi baterai lainnya adalah ActaCell, All Cell Technologies, Altair Nanotechnologies Inc, Eagle Picher Industries Inc, EnerSys, Envia Systems, FMC Corp, MicroSun Technologies, Mobius Power, SiLyte, Superior Graphite, dan Townsend Advanced Energy. [okezone].

2 Komentar

Filed under News

2 responses to “Hasrat Amerika Kalahkan Industri Baterai Asia

  1. namanya juga amerika, semua pengen di kuasai, huh dasar!!
    tapi bagus nuh, sebagai pengganti BBM yang makin langka
    sip

  2. oia salam kenal ya *salaman*
    ikut tukeran link ya *berharap*

    jangan segan2 mampir ke blog sayah. karena sayah dan temen2 laen pengen tahu dari blogger aceh sendiri. apakah benar berita tentang Dyana Dilla.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s