Karbon Dioksida Ada di Planet Lain

153954pKarbon dioksida yang merupakan salah satu gas penting dalam siklus kehidupan terdeteksi keberadaannya di planet asing. Gas tersebut ditemukan di planet bernama HD 189733b yang berada 65 tahun cahaya dari Bumi (1 tahun cahaya setara dengan 9,5 triliun kilometer).

“Ini merupakan penemuan pertama karbon dioksida di atmosfer sebuah planet ekstrasolar,” ujar Alan Boss, seorang pakar formasi planet dari Carnegie Institute, Washington, AS yang melaporkannya dalam Astrophysical Journal terbaru. Di planet tersebut sebelumnya para astronom telah mendeteksi keberadaan uap air dan gas metan.

Artinya, ujar Boss, tinggal satu komponen lagi yaitu oksigen untuk memastikan ada kehidupan di sana. Selama ini, para ilmuwan yakin bahwa suatu lokasi dapat mendukung kehidupan jika minimal menyediakan empat komponen tersebut.

Meski demikian, kemungkinan planet asing tersebut dihuni makhluk hidup kelihatannya kecil. Sebab, HD 189733b merupakan jenis planet gas raksasa yang mengorbit dekat sekali dengan bintangnya sehingga suhunya terlalu panas.

Para ilmuwan belum tahu dari mana karbon dioksida di planet tersebut berasal. Namun, mereka memprediksi radiasi yang tinggi menyebabkan senyawa kimia bereaksi menghasilkan gas karbon dioksida. Keberadaan karbon dioksida terdeteksi menggunakan Near Infrared Camera and Multi-Object Spectrometer (NICMOS) di Teleskop Ruang Angkasa Hubble. [KOMPAS.com].

Tinggalkan komentar

Filed under News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s