Operesi Yustisi di Apartemen Cuma Formalitas

JAKARTA – Operasi yustisi tidak hanya di permukiman padat penduduk. Razia kependudukan Kamis (23/10) ini juga merampah lingkungan apartemen mewah. Seperti tim operasi Pemerintah Kota Jakarta Selatan yang merazia Apartemen ITC Permata Hijau di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Bedanya dengan permukiman padat penduduk, operasi di apartemen tidak berlangsung mulus. Aparat gabungan dari Kantor Imigrasi, Catatan Sipil Kependudukan, Satuan Polisi Pamong Praja Wali Kota Jakarta Selatan dan Kecataman Kebayoran Lama, harus lebih dulu negosiasi dengan pengelola apartemen.

Perbedaan lainnya, jika razia dipermukiman padat ada sedikit pemaksaan petugas ketika meminta identitas penduduk. Sedangkan operasi di tempat elite itu terkesan formalitas belaka. Terbukti, saat petugas merazia Apartemen ITC Permata Hijau hanya dua kamar yang diperiksa.

Padahal, kamar di apartemen itu lebih dari 100 unit. Kamar yang diperikasa adalah kamar 1.605 dan 1.603 yang terletak di lantai 16. Pemeriksaan meliputi kartu tanda penduduk. Di kamar 1.605, misalnya, aparat menemui Darmawan Kustanto, 30 tahun dan Brian Novantara, 25 tahun.

Setelah mengecek identitas penghuni kamar petugas mengatakan, “Bagus, KTP Bapak sesuai dengan domisili”, kata Yuddi, petugas Suku Dinas Kependudukan Jakarta Selatan.

Namun, KTP Brian ternyata tidak cocok dengan domisili. Nama Brian tertulis sebagai penduduk Pasar Minggu, Jakarta Selatan. “Oh, dia ini bukan penghuni, cuma main saja di sini,” kilah Darmawan.

Setelah sedikit berbasa-basi, aparat pun berlalu dari kamar 1.605. Di kamar 1.603, aparat memeriksa kamar Johnny dan isterinya, Sofia. Di sini aparat menemukan KTP keduannya telah sesuai dengan domisili. “Bagus, KTP bapak sesuai dengan domisili”, kata petugas kepada Johnny.

Setelah menyisir 2 kamar petugas bergegas turun. Melanjutkan tugas operasi yustisi ke perumahan di daerah Grogol Utara. [TEMPOinteraktif]

Tinggalkan komentar

Filed under Law, News, Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s