Iran Menyambut Gembira Ide Nuklir Baru

Negosiator utama nuklir Iran, Saeed Jalili mengataan Tehran Menyambut gembira adanya “ide konstruktif” baru dalam pembicaraan nuklir mereka dengan kekuatan utama.

Dalam suatu pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Oman, Yusuf Alawi di Tehran pada hari Selasa (29/7), Jalili mengemukakan bahwa Iran dan kelompok 5+1 telah mencapai suatu pendekatan pemahaman terhadap posisi nuklir Iran dalam pembicaraan Jenewa baru-baru ini.

Jalili mempertahankan pembicaraan dengan ketua kebijakan luar negeri UE, Javier Solana di Jenewa pada 19 Juli. Utusan dari terdiri dari enam orang juga hadir dalam pertemuan tersebut. Untuk pertama kali AS mengirim diplomat seniornya William Burns untuk pembicaraan nuklir dengan Iran.

Perdana Menteri Oman, yang yang hadir ke Iran dalam pertemuan menteri-menteri luar negeri negara Non Blok menyatakan pertemuan Jenewa sebagai hal positif dan berharap dengan cepat agar kedua belah pihak akan melanjutkan negosiasi.

Pemerintahan Negara-negara Non Blok, yang terdiri dari 114 Negara, kembalikan hak Iran untuk teknologi Nuklir bertujuan damai.

Jalili, yang juga ketua Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran (SNSC), mengatakan NAM berpotensi besar untuk menyelesaikan persoalan Intenasional.

Kekuatan utama dapat menggunakan pengaruh NAM untuk menyelesaikan persoalan yang menyelubungi dunia, saran Jalili. [press tv].

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s