Rice Mengancam Iran Dengan Sangsi Tambahan

Sekretaris Condoleezza Rice memperingatkan Iran untuk membekukan program pengayaan uraniumnya dalam 2 minggu ini atau berhadapan dengan hukuman.

Sekretaris tertinggi dewan keamanan Iran, Saeed Jalili dan pimpinan kebijakan luar negeri UE, Javier Solana, didampingi oleh representative kelompok 5+1, menyelenggarakan suatu babak baru dari pembicaraan di Jenewa pada Sabtu mengarahkan pada pemecahan masalah nuklir Tehran.

Untuk kesempatan pertama dalam permasalahan antara Iran dan Barat sekitar isu tersebut, AS mengirim seorang pejabat rangking teratas, dibawah sekretaris negara, William Burns, pada pembicaraan tersebut.

“Pertemuan tersebut mengirim banyak pesan kuat pada bangsa Iran bahwa mereka tidak dapat pergi dan tetap… dan bahwa mereka membuat suatu keputusan, “ Rice bicara pada para reporter di suatu rute menuju Abu Dhabi, ibu kota dari UEA pada hari Senin saat dia hendak mendiskusikan pembangunan di Iran, Iraq dan Lebanon.

“itu menjelaskan pilihan Iran dan kami akan melihat apakah iran melakukannya dalam dua minggu. Tapi saya pikir proses diplomatic tersebut sekarang telah bagus dari energy baru dalam hal itu, “ tegas Rice.

Iran telah menjaga semua sepanjang bahwa program nuklirnya mengarah kepada generator listrik dan bahwa semua aktifitas tersebut dalam batas dengan hak-haknya dibawah NPT. AS dan aliansinya, bagaimanapun, menuduh Iran mempersiapkan persenjataan nuklir, meminta dengan tegas bahwa dunia harus menekan negara tersebut dalam meragukan nuklir bahwa tersebut bekerja dan mengancam aksi militer.

Lima pemegang veto dari dewan keamanan PBB – China, Rusia, France, Inggris dan AS tambah Jerman (Kelompol 5+1) telah menawarkan suatu pernyataan pendekatan ‘pembekuan demi pembekuan’ terhadap Iran, yang meminta atas Iran untuk meniadakan sentrifugal pengayaan uranium dalam mengembalikan untuk tidak ada lagi sangsi tambahan terhadap negara tersebut.
Rice mengatakan bahwa dalam kasus Iran menolak menunda pengerjaan nuklir tersebut, dewan akan kembali pada langkah pemberian sangsi.

Dia menegaskan bahwa Burn tidak akan mengikuti pembicaraan tersebut dengan bangsa Iran dalam tahapan yang lain dari negosiasi untuk mendampingi antara kedua belah pihak dalam waktu dua minggu.

“kami telah cukup untuk menunjukkan bahwa AS serius dan meyakinkan patner kami bahwa kami sangat serius dan meyakinkan bangsa iran bahwa kami sangat serius, katanya. [press tv].

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Security, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s