Microsoft Kembangkan Jejaring Sosial Mirip Facebook

BOSTON – Memenuhi permintaan SharePoint dan tim pengembang produk Office, Office Lab Microsoft Corp dilaporkan telah membuat dan menguji coba satu prototipe dari sebuah jejaring sosial pada jaringan internal yang tersedia untuk karyawannya.

General manager Office Labs Chris Pratley telah memperkenalkannya secara detail tentang prototipe tersebut yang dinamakan TownSquare pada konferensi Enterprise 2.0 di Boston. Ia mengatakan kepada ComputerWorld, Rabu (11/6/2008), bahwa sejak diluncurkan pada Januari lalu, TownSquare kini telah digunakan oleh sekira 8.000 karyawan Microsoft.

Dengan lay-out yang sangat mirip dengan Facebook.com, situs jejaring sosial yang mana Microsoft juga menginvestasi USD240 juta pada situs ini Oktober silam, TownSquare sementara ini juga dilengkapi dengan berita-berita terbaru seputar dunia enterprise pada layanan web. Tidak hanya itu, layanan web ini juga menginformasikan SharePoint pada publik, seperti promosi dan ulang tahun karyawannya.

Seperti halnya Facebook, TownSquare juga dilengkapi dengan foto-foto usernya dan memungkinkan mereka untuk meninggalkan pesan saat mereka meninggalkan meja kerjanya, seperti saat meeting atau pergi ke kafetaria.

Pada awal Januari, grup Pretley mengatakan sekira 100 karyawan Microsoft telah terdaftar. “Setelah itu, sekira 8.000 karyawan mengetahuinya dari mulut ke mulut untuk mengunjungi jejaring sosial tersebut setidaknya mencoba meskipun hanya sekali. Hasilnya, saat ini ada sekira minimal 700 karyawan yang rutin menggunakannya setiap hari,” kata Pretley.

Pretley juga menuturkan, teknologi ini memudahkan karyawan untuk menyebarkan informasi dengan cepat. “Karyawan menjadi lebih mudah untuk menyebarkan informasi ke seluruh bagian perusahaan dengan jaringan sosial enterprise ini,” jelasnya.

“Dengan mem-posting sesuatu di sana, seseorang dapat menjaga hubungan sosial dengan orang-orang di lingkungan kerjanya,” pungkas Pretley. [okezone]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s