Ahmadinejad: Pemberlakuan Sanksi Atas Irak Tidak Berlaku

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengharapkan Irak dengan kesadaran pemerintah negeri ini dan persatuan yang terjalin antarpemimpin kelompok dan kabilah, dapat melewati masa krisis saat ini. Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita IRNA, Ahmadinejad, Ahad sore, dalam pertemuannya dengan Perdana Menteri Irak, Nouri Maliki, di Tehran menegaskan bahwa semua negara harus membantu pemerintah Irak sehingga negara ini dapat melewati masa krisis saat ini. Dikatakannya, “Negara-negara tetangga dan sahabat serta PBB harus membantu merealisasikan stabilitas dan keamanan di Irak.Tentunya, negara tetangga lebih bertanggung jawab dalam masalah ini.”

Lebih lanjut Ahmadinejad mengharapkan Irak secepatnya dapat menggapai posisi yang layak di kawasan dan dunia. Ditambahkan pula, Irak harus mencapai stabilitas dan keamana sedemikian rupa, sehingga para musuh pesimis mempengaruhi negara ini.

Seraya menyinggung pertemuannya dengan Sekjen PBB, Ban Ki-moon, di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB di Italia , Ahmadinejad menuturkan, “Dalam pertemuan itu, saya mengingatkan bahwa pemberlakuan embargo terhadap Irak dan pemberian sanksi berlandaskan pada butir tujuh piagam PBB tidak berlaku, karena Mantan Presiden dan diktator Irak, Saddam Husein sudah tidak ada.”

Dalam kesempatan tersebut, Maliki menegaskan hubungan lebih luas dengan Republik Islam Iran dan mengatakan, “Kondisi untuk menjalin hubungan dengan negara tetangga dan seluruh negara, telah siap.” Ia juga mengapresiasi keinginan Ahmadinejad untuk menangguhkan pemberian sanksi yang tercantum pada butir tujuh piagam PBB dan pemberlakuan embargo terhadap Irak. Dikatakannya, “Pemberian sanksi terhadap Irak di masa pemerintahan diktator Saddam Husein telah mengkhawatirkan dan melelahkan para petinggi Baghdad saat ini.” Maliki juga mengimbau komunitas internasional supaya menyelamatkan Irak dari sanksi yang ada. [irib.ir]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s