Hari Ini Statemen Iran DIbacakan Dihadapan Dewan Gubernur

Sidang Dewan Gubernur IAEA masih membahas laporan Dirjen IAEA Mohammad Elbaradei. Hari Kamis ini dijadwalkan statemen Republik Islam Iran tentang program nuklirnya dibacakan di forum sidang Dewan Gubernur. Hari Rabu kemarin sejumlah statemen dari berbagai pihak telah lebih dahulu dibacakan, diantaranya adalah statemen dari Gerakan Non Blok (GNB).

Dalam statemen yang dibacakan wakil Kuba di Dewan Gubernur, Gerakan Non Blok menegaskan bahwa IAEA adalah lembaga yang paling berhak menguji kebenaran pernyataan Iran menyangkut proyek nuklirnya. Gerakan Non Blok juga memperingatkan, jangan ada intervensi dan intimidasi terhadap IAEA dalam menjalankan tugasnya. Statemen ini selain menekankan bahwa Dirjen IAEA harus obyektif dalam menangani kasus seperti ini juga menegaskan bahwa intervensi hanya akan mengaburkan kerja IAEA dan melemahkan kredebilitasnya.

Pernyataan GNB tentang obyektifitas Sekjen IAEA merujuk kepada pernyataan Elbaradei beberapa waktu lalu tentang aktivitas nuklir Iran. Pernyataan itu telah melahirkan kekhawatiran dan kritik menyangkut kredebilitas IAEA dalam menangani isu nuklir berbagai negara. ElBaredei setelah membuat laporan berkala mengungkapkan adanya poin-poin positif dalam kerjasama Iran. Namun imbuhnya, nasib isu nuklir Iran akan bergantung pada tindakan Tehran. Sejumlah media Barat pekan lalu kembali menyorot isu nuklir Iran dengan berusaha mengesankan adanya kekhawatiran dunia terhadap program nuklir Iran.

Di Wina, delegasi AS dan negara-negara Eropa menyusun statemen yang dibacakan di forum sidang Dewan Gubernur. Mereka menuduh Iran menolak bekerjasama dengan IAEA.

Rabu kemarin, Presiden AS George W Bush dan Perdana Menteri rezim Zionis Israel Ehud Olmert kembali menuduh Iran berambisi membuat senjata nuklir. Tuduhan itu disampaikan ketika Israel secara terbuka menolak bekerjasama dengan IAEA dan tidak bersedia membuka pintu bagi tim inspeksi IAEA untuk memeriksa instalasi nuklirnya. Israel saat ini menyimpan lebih dari 200 senjata nuklir di gudang-gudang persenjataannya. [irib.ir]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Security, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s