Buntu Dialog Dengan Israel, Abbas “Kembali” Ke Hamas

RAMALLAH – Pusing karena tidak menemui titik temu saat berdialog dengan Israel, Presiden Palestina Mahmoud Abbas akhirnya kembali ke ‘pelukan’ Hamas. Abbas berencana untuk membuka lagi pembicaraan dengan partai pemenang pemilu di Palestina itu.

Seperti dikutip CNN, Kamis (5/6/2008), Abbas kembali membuka pembicaraan dengan Hamas untuk membahas mengenai masa depan Palestina, terutama mengenai batas teritorial negara.

Bahkan, Abbas juga mengatakan kepada wartawan kemungkinan dirinya melakukan rekonsiliasi dengan Hamas untuk kebaikan Palestina.

Mendapat tawaran tersebut dari Abbas, pemimpin Hamas Mahmoud al-Zahar menyambut baik rencana pembicaraan tersebut. Namun, Hamas menolak pertemuan tersebut akan membicarakan sebuah kesepakatan.

Saat ini kekuasan di Palestina terbagi-bagi. Di Jalur Gaza Hammas masih mengusai sepenuhnya jalur tersebut sejak Juni 2007. Sementara partai pendukung Abbas, Fatah saat ini menguasai Tepi Barat. Kedua faksi ini juga berbeda dalam menyikapi Israel.

Hamas menolak berunding dan mengakui Israel, sedangkan Fatah bersedia melakukan perundingan dengan negara Zionis tersebut. [okezone]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s