Operator Telekomunikasi Cina Rugi USD 1 M, Karena Gempa Sichuan

BEIJING – Gempa yang terjadi di Sichuan China baru-baru ini telah mengakibatkan kerugian bagi operator telekomunikasi di negara tersebut hingga USD1 miliar.

Kerugian sebesar itu mayoritas dikontribusi oleh kerusakan jaringan atau infrastruktur para operator. Akibat dari gempa tersebut sekira 28.700 BTS rusak parah, 142.000 menara roboh dan sekira 29.000 kabel telepon putus di China..

“Gempa hebat kali ini berhasil membuat enam operator telekomunikasi menderita kerugian yang cukup signifikan. Operator-operator tersebut termasuk China Telecom, China Mobile, China Netcom, China Unicom, China Satcom, dan China Tietong,” ujar Menteri Industri dan Informasi Teknologi China Shen Yongtao seperti dikutip Cellular News, Senin (2/6/2008).

Gempa yang tergolong paling parah di China ini pun mengakibatkan sekira delapan orang karyawan operator dinyatakan meninggal, 34 orang belum diketahui rimbanya dan sekira 69 orang menderita luka parah. Beberapa hari setelah kejadian tersebut operator-operator pun langsung memobilisasi sekira 32.000 karyawannya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Sayangnya, proses perbaikan malah terhambat oleh kerusakan jalan sehingga para teknisi tidak mampu menembus wilayah tujuan. Bahkan Liu Jianqiu, seorang pekerja operator berusia 36 tahun, dinyatakan meninggal karena tertimpa reruntuhan saat ia sedang memperbaiki kabel telekomunikasi. [okezone]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s