Amerika Buntu Hadapi Program Nuklir Iran

Pengakuan pakar nuklir Pakistan, Dr. Abdul Qadir Khan, tentang program nuklir Iran membuat berang AS. Dua hari lalu sejumlah media massa menulis bahwa Abdul Qadir Khan mengungkapkan bahwa pengakuannya mengenai penjualan teknologi nuklir kepada Iran, Korea Utara dan Libya karena adanya tekanan dari AS. Hal itu disampaikan pakar nuklir Pakistan itu saat diwawancarai Koran The Guardian, Inggris. Empat tahun lalu Abdul Qadir Khan saat tampil di televisi mengklaim bahwa dirinya menjual teknologi pengayaan uranium yang dapat digunakan membuat bom nuklir kepada sejumlah negara termasuk Iran.

Saat ini ilmuwan nuklir Pakistan itu telah menarik pengakuannya. Klaim Abdul Qadir Khan itu telah berimbas terhadap Iran, karena atas dasar itu Barat membawa isu nuklir Iran ke Dewan Keamanan PBB. Meski demikian, Abdul Qadir Khan kepada Guardian menyatakan tidak bersedia bekerja sama dengan tim penyelidik Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Para pengamat menilai pengakuan Abdul Qadir sebagai indikasi kebohongan klaim AS terhadap Iran. Menurut pengamat, hal ini juga kian menjelaskan strategi sebenarnya penentangan negara adidaya ini terhadap program nuklir Iran yang hanya bersifat politik. Masih mengenai hal ini, Koran La Monde, cetakan Prancis, edisi kemarin mengutip pernyataan Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin, yang menolak tuduhan bahwa program nuklir Iran untuk kepentingan militer. [irib.ir]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Security, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s