Laporan Save the Children:Pekerja Kemanusiaan Kerap Lakukan Pelecehan Seksual

LONDON – Pekerja bantuan kemanusiaan dan anggota pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dilaporkan kerap melakukan pelecehan seksual di sejumlah wilayah perang dan negara yang kesulitan pangan.

Save the Children melaporkan anak-anak itu dilecehkan untuk mendapatkan bantuan makanan atau uang. Demikian dikutip CNN dari laporan lembaga yang berbasis di Inggris itu, Rabu (28/5/2008).

Setelah mewawancarai ratusan anak, Save the Children menemukan beberapa kasus perkosaan, prostitusi anak, pornografi, perlakuan tidak senonoh, dan perdagangan anak untuk seks.

“Sangat sulit membayangkan pelecehan dan kekerasan terhadap hak anak,” kata Jasmine Whitbread, direktur eksekutif Save the Children Inggris.

Dalam laporan bertajuk “No One To Turn To” itu disebutkan, seorang gadis berusia 15 tahun dari Haiti mengatakan: “Teman saya dan saya berjalan di Istana Nasional pada malam hari ketika kami bertemu dengan dua pekerja kemanusiaan. Pria itu memanggil kami dan menunjukkan penisnya”.

“Mereka menawarkan kami 100 gourdes (USD2,8) dan beberapa coklat jika kami mau mengisap penis mereka. Saya mengatakan ‘Tidak’, namun beberapa gadis mau melakukannya dan mendapatkan uang.”

Save the Children mengungkapkan pelecehan ini sudah terjadi selama bertahun-tahun, namun ribuan anak di seluruh dunia lebih banyak yang memilih diam.

Berdasar laporan itu juga disebutkan, anak-anak itu kepada peneliti mengaku takut untuk mengadukan pelecehan yang dialami. Mereka takut para pelaku pelecehan akan kembali dan menyakiti mereka, sehingga mereka tidak lagi mendapatkan bantuan, atau bahkan akan dihukum oleh keluarga dan masyarakat.

“Orang-orang takut karena mereka khawatir lembaga bantuan akan menghentikan pertolongan, sementara kami membutuhkan mereka,” kata seorang bocah laki-laki di selatan Sudan kepada Save the Children. [okezone]

1 Komentar

Filed under Moral, Report

One response to “Laporan Save the Children:Pekerja Kemanusiaan Kerap Lakukan Pelecehan Seksual

  1. Wahhhh gawat banget tuh..
    oya …kalau di Aceh da gak pelecehan yang dilakukan oleh I NGO terhadap anak dan juag perempuan di Aceh………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s