Menlu Iran Bertemu Para Pihak Di Libanon

Manuchehr MottakiBEIRUT – Menteri Luar Negeri Iran, Manuchehr Mottaki saat berbicara di Beirut dengan para pimpinan tinggi politik Libanon, termasuk pimpinan perlemen mayoritas Saad Hariri, Perdana Menteri Fouad Siniora dan Jurubicara Parlemen Nabih Berry.

Perjalanan Mottaki ke Libanon untuk menghadiri pemilihan pimpinan militer, Michel Suleiman sebagai President.

Dalam pertemuan hari Senin dengan Saad Hariri, Mottaki menyatakan terpilihnya Suleimana adalah satu “prestasi besar” untuk rakyat Libanon.

Hariri mengatakan bahwa rakyat Libanon akhirnya sukses dalam mencapai tujuan mereka dihari ini, dalam memilih seorang president.

Mottaki memuji para kelompok yang saling bersaing Libanon dalam mengimplementasikan kesepakatan Doha dengan sangat cepat dan tepat.

Kesepakatan Doha mengakhiri krisis yang telah menyebabkan pertikaian sivil terburuk sejak perang Libanon pada 1975-1990.

Hariri menyatakan, “kami selalu mencari cara untuk tebangunnya keamanan di Libanon, dan dengan segera setelah kembali dari Doha, we melakukan pekerjaan untuk mengimplementasikan kesepakatan tersebut.”

Menteri Luar Negeri Iran mengatakan, “Minggu telah menjadi hari besar untuk seluruh rakyat Libanon, dan saya melihat kebahagiann ini pada wajah-wajah seluruh rakyat Libanon.”

Suleiman, yang lebi dahulu dipilih oleh parlemen pada hari Minggu, menuju kursi kepresidenan pada hari Senin, mengisi satu tempat yang berkenaan dengan presiden yang sempat kososng sejak November, karena krisis.

Satu parade militer memainkan lagu nasional untuk Suleiman, sebagai pimpinan militer dalam satu decade, berjalan diatas karpet merah menuju kursi kepresidenan, yang kosong sejak Emile Lahoud, yang dekat dengan Syria. [Tehran Times]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s