Dua Kesalahan Fatal Israel di Libanon

Mantan kepala keamanan Israel dalam wawancaranya sekitar krisis di Libanon (8-14 Mei) yang berakhir dengan tumbangnya pemerintahan Seniora pro Israel mengatakan, ada dua sebab kesalahan fatal yang dilakukan oleh Israel atas krisis tersebut. Yang pertama adalah ditariknya tentara Suriah dari Libanon atas prakarsa Isreal, dan kedua adalah kekalahan Israel dalam perang 33 hari dengan Hezbollah.

Situs berita Press TV berbahasa Persi (19, 05,2008) yang dikutip oleh Islam Muhammadi melaporkan, mantan kepala keamanan Israel itu mengatakan: “krisis akhir di Libanon bermuara dari dua kesalahan fatal yang dilakukan oleh Israel yaitu prakarsa Israel mengeluarkan Suriah dari Libanon, dan kekalahan perang 33 hari melawan Hezbollah, walaupun dukungan Seniora terhadap Israel waktu itu begitu besar, namun Israel dalam peperangan itu tidak didukung sepenuhnya oleh dunia internasional”. Tandasnya

Dalam lanjutan pernyatannya, sebab kekalahan Isarel dalam 33 hari melawan Hezbollah adalah kesalahan informasi mengenai gerakan Muqawwamah Hezbollah, Israel buta terhadap strategi muqawwamah dan Hezbollah.

Kekeliruan fatal Israel bisa diterima mengingat pasca keluarnya tentara Syiria dari Libanon, secara diam-diam pos-pos penting daerah yang diduduki tentara Syiria diambil alih oleh Hezbollah tanpa sepengetahuan Israel. Padahal tujuan di keluarkannya Syiria dari Libanon adalah dalam rangka mempersiapkan lahan bagi Israel untuk melenyeapkan Hezbollah.

Dia juga sangat menyesalkan panglima tentara Israel yang tidak tanggap dengan situasi waktu itu seraya mengatakan: “ Panglima Israel seharusnya sejak dua tahun akhir pasca perang mampu mengambil kesempatan untuk menghancurkan Hezbollah, namun kesempaatn itu diberikannya kepada Hezbollah sehingga mereka mampu menghimpun kembali kekuatan politik dan tentaranya.” Sesalnya. Dan satu-satunya jalan untuk mengendalikan Hezbollah hanyalah menghancurkan legalitas Hezbollah dari dalam.[press tv / Islam Muhammadi]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Security

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s