AS Bungkam Soal Paket Proposal Iran

Pejabat resmi Amerika Serikat (AS) hingga saat ini masih tutup mulut soal paket proposal yang diajukan Republik Islam Iran. Dalam paket itu Iran mengajukan beberapa prakarsa untuk menangani berbagai problema dunia yang perlu dibicarakan secara serius dengan melibatkan negara-negara besar. Karena itu paket tersebut sengaja dikirim oleh Tehran kepada delapan pemimpin dan lembaga dunia, semisal Sekjen PBB, beberapa pemimpin kelompok 5 + 1 dan ketua periodik Dewan Keamanan PBB. Propsosal Iran ini mendapat sambutan hangat masyarakat internasional.

Tanpa menyinggung paket proposal Iran, Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice dalam kontak telepon dengan sejawatnya dari Inggris mengatakan, Iran harus menerima paket insentif kelompok enam besar dunia, jika tidak negara itu akan menerima sanksi yang lebih berat. Selain AS, Menteri Luar Negeri Jerman dan Spanyol juga pejabat tinggi Rusia dan Cina menyatakan sedang mempelajari paket proposal Iran.

Radio BBC dalam sebuah ulasannya mengenai paket proposal Iran ini menyatakan bahwa paket ini memuat berbagai isu yang dihadapi bersama masyarakat dunia seperti terorisme, narkotika, penyelundupan manusia, dan kejahatan yang terprogram serta prakarsa untuk menanganinya. Mengenai isu nuklir Iran, paket proposal Tehran ini mengusulkan pembentukan konsorsium internasional untuk proses pengayaan uranium termasuk di Iran.
[irib.com]

Tinggalkan komentar

Filed under News, Politic, Technology

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s